August 09, 2011

Hari ini, esok dan seterusnya

Sekilas memang tidak ada yang istimewa dari mereka, mereka hanyalah orang-orang yang sudah tua renta yang sedang berusaha meraih apa yang mereka lupakan pada waktu mereka masih muda.

Mereka adalah sekelompok orang-orang yang sedang belajar bagaimana membaca al-Qur'an di mulai dari awal (pengenalan hurus Alif, Ba, Ta dan seterusnya).

Akan tetapi coba lihat lebih jauh, semangat mereka , keinginan mereka untuk bisa itu terlihat jelas. Lantas, tegah kah saya menghancurkan semangat mereka dengan berkata "maaf saya sibuk dan tidak ada waktu untuk membantu mereka belajar cara membaca al-Qur'an dengan baik dan benar".

Atau tega kah saya berkata " emang waktu masih muda ngapain aja ?, umur udah bau tanah baru mau belajar membaca al-Qur'an, sekarang baru nyeselkan ?"

Saya tidak setega itu kok wahai warga ngerumpi, dan bukan berarti saya sudah mahir dan tidak perlu untuk belajar lagi, saya akan terus belajar dan belajar menjadi lebih baik lagi.

Banyak yang bisa saya ambil pelajaran dari mereka.

Coba lihat lebih dalam, Semangat mereka memberikan saya pelajaran yang begitu berharga, bahwa kita harus manfaatkan waktu kita sebaik mungkin agar tidak menyesal di hari tua.

Mereka juga mengajarkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk terus belajar, selagi ada kemauan maka akan ada jalan menggapai apa yang kita tuju.

Mereka juga mengajarkan saya untuk tidak malu belajar dengan siapapun, entah dengan orang yang sudah tuakah, seumuran kah, atau dengan orang yang masih muda di bawah kita. Dengan siapapun kita bisa belajar tanpa perlu gengsi karena kita lebih tua, karena kita lebih tinggi jabatannya, atau karena kita lebih kaya dan sebagainya.

Mereka juga termasuk orang-orang yang beruntung karena masih diberikan kesempatan untuk mempelajari Kitab Suci al-Qur'an.

Dari sini sebenarnya bisa kita ambil pelajaran bahwa tidak ada kata cukup untuk belajar,


"Tuntut lah ilmu dari buaian hingga liang lahat"
"manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu"


Belajar itu tidak terbatas pada umur.
Teruslah belajar dan belajar.

Hari ini, esok dan seterusnya teruslah belajar dan belajar.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan