September 11, 2011

Setiap anak adalah Bintang


“Setiap anak adalah Bintang”
Kehadiran seorang anak dilingkungan keluarga merupakan suatu anugerah yang tidak ternilai harganya, ia merupakan anugerah ajaib yang diberikan sang pencipta kepada kita. 

Tidak bisa dipungkiri, bahwa anak memberi warna tersendiri dalam keluarga kita, kehadiran mereka memberikan arti  yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun.

 Kembali kepada ungkapan diatas, ungkapan diatas sangat sering kita dengar dilingkungan sekolah tempat anak-anak kita belajar dan itu diyakini oleh para guru. Sadar atau tidak, ungkapan diatas mampu memberikan rasa percaya diri yang lebih kepada anak baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Namun kadang kita sebagai orang tua kerap kali lupa bahwa setiap anak itu adalah bintang, kerap kali kita membanding-bandingkan anak yang satu dengan yang lainnya dan itu bisa menurunkan harga diri dan rasa percaya diri anak. Kadang kita membuat standar yang sama terhadap anak padahal mereka berbeda.

Sebagai orang tua, kita harus jeli dalam melihat keunikan anak kita, jangan pernah tertipu dengan sistem ranking yang ada disekolah, karena itu hanya menilai aspek kognisi anak saja. Nilai raport, ranking, jangan disama artikan dengan nilai diri anak. Masih banyak nilai-nilai yang tidak tercantum dalam raport, nilai sosial, emosi, dan akhlak anak. Tetapi tentunya orang tua jangan sampai menumbuhkan persepsi bahwa prestasi di sekolah itu tidak penting. Yang perlu digaris bawahi adalah, mungkin dari segi pelajaran di sekolah, anak memang tidak mempunyai kemampuan yang lebih, akan tetapi bisa saja anak memiliki kemampuan yang membanggakan dibidang yang lain, olahraga, seni, tarik suara, dsb.

Sangat penting bagi orang tua bekerjasama dengan guru untuk mengetahui keunikan anak, dan setelah kita mengetahui keunikan anak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh kita sebagai orang tua:

Beri Pengakuan
Orang tua yang sudah tahu kemampuan putra putrinnya maka sebaiknya segera memberikan penghargaan. Tanpa adanya penghargaan yang sifatnya nyata maka sama saja tidak berarti ketika orang tua hanya sekedar tahu tanpa diiringi dengan penghargaan terhadap anak.

Komunikasi yang baik yang terjalin antara orang tua dan anak, akan mampu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, komunikasi bisa saja berbentuk verbal atau non verbal. Komunikasi verbal bisa saja berbentuk pujian terhadap prestasi yang anak dapatkan, sedangkan komunikasi non verbal bisa berupa pelukan  dan ciuman hangat kepada anak.

Kembangkan dari sini
Dengan mengetahui kelebihan anak, maka orang tua akan lebih mudah untuk mengarahkan dan mengembangkan potensi tersebut. Selaku orang tua, kita hanya memfasilitasi anak dalam meraih apa yang ia cita-citakan sesuai dengan bakat yang mereka miliki.

Tak perlu memperbandingkan
Di awal sudah dijelaskan bahwa setiap anak itu memiliki keunikan masing-masing. Maka sebaiknya kita selaku orang tua jangan sesekali membanding-bandingkan anak dengan yang lain, karena itu akan membuat rasa percaya dirinya menurun dan ia akan merasa tidak adanya penghargaan yang diberikan orang tua terhadap apa yang ia lakukan.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan