December 09, 2011

Semua butuh proses

Perlahan namun pasti engkau akan bisa. engkau hanya perlu terus mencoba dan percaya.
Entah sudah berapa kali barisan-barisan kalimat yang tertulis di word ini aku hapus, sedari tadi aku mencoba menulis, namun yang ada hanya berhenti setelah beberapa kalimat tersusun rapi. Setiap kalimat yang tertulis berakhir dengan ditekannya “Backspace” yang ada di  keyboard laptopku.

Entah sudah berapa kali aku seperti ini, tiap kali ingin menulis , tiap kali aku mencoba untuk bercerita dengan rangkaian kata, tiap kali pula aku berhenti di kalimat-kalimat awal dan tidak pernah dilanjutkan, tulisan-tulisan pembuka itu hanya tersimpan rapi di folder-dolder yang kuberi nama “Tulisan Arian”, “Curhat”, “Belajar Nulis”.

Jarum jam di depanku sudah menunjukkan pukul 09.45 menjelang siang, padahal aku duduk di depan laptop dan mencoba untuk menulis sejak pukul 08.15. aku duduk di pojok perpustakaan sementara murid-murid sedang sibuk membaca buku, ada juga yang masih ujian praktek susulan. Sesekali kualihkan pandangan ke murid-murid berharap ada kalimat yang akan terangkai setelah memandang mereka.

Aku  pernah membaca  kiat-kiat menulis di salingsilang.com, mereka bilang kalo mau menulis itu terlebih dahulu pakai otak kanan, jangan pakai otak kiri. Ketika kita menggunakan otak kanan, maka tulislah secara spontan, tidak perlu mengedit terlebih dahulu, berhenti membaca tulisan yang sedang ditulis, teruslah menulis sampai selesai. Baru kemudian setelah selesai menulis, kita bisa menulis dengan menggunakan otak kiri, menulis dengan otak kiri adalah dimana kita memperhatikan kembali tulisan yang sudah kita tulis, susunan kalimat, tata bahasa, dan sebagainya.

Tidak ada yang langsung bagus dalam menulis, semuanya butuh proses. Jadi mulai hari ini Arian harus terus belajar agar bisa menulis. Tidak usah terburu-buru dan malu karena memang pada awal menulis belum tentu ada orang yang ingin membaca tulisan kita kan ?, menulislah karena memang dirimu ingin menulis, bukan karena ingin dipuji karena tulisanmu memberi inspirasi dan sebagainya. Akan tetapi menulislah karena memang engkau ingin bisa menulis.

Sekian kegalauanku menjelang siang ini.

2 comments:

  1. Yeaaah, menulislah karena kamu memang ingin menulis ;)

    ReplyDelete
  2. ternyata dirimu membaca tulisanku ini, sebenarnya ini tulisan untuk memotivasi diriku sendiria :p haha

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan