December 13, 2011

Umurnya Bukanlah halangan

Pagi ini saya terkagum-kagum dengan sosok itu, umurnya sudah tidak lagi muda, diusianya yang sudah lebih dari lima puluh tahun, dia masih terus berjuang melawan dinginnya malam, kadang bertemankan rintik-rintik hujan, dan semua itu ia lakukan demi menggapai ridho-Nya dengan mempelajari Kalam-Nya.
Setiap pagi menjelang, dia menempuh perjalanan satu jam lamanya menuju Masjid untuk mengikuti Tahsin Al Qur'an. Setiap hari dia berangkat dari rumahnya jam 3 pagi agar bisa mengikuti Tahsin Al Qur'an setiap ba'da shubuh di Masjid. Karena memang tidak semua masjid mengadakan Tahsin Al Qur'an. Dia rela mengendarai sepada motor butut miliknya, bahkan pernah dia terjatuh karena tidak melihat jalanan yang berlobang.
Oh Tuhan, sungguh mulia niatnya. Semoga dia diberi keberkahan. Kalo dia yang sudah dimakan usia saja masih semangat untuk terus belajar membaca Al Qur'an, bagaimana dengan kita yang masih muda?
Saat saya berbincang dengannya, dia mengucapkan kalimat yang menjadi renungan saya.
Sudah bisakah kita membaca Al Qur'an ?
Jangan tunggu masa tuamu untuk bisa membaca Kalam-Nya.
Dia juga memberikan saya nasehat, manfaatkan masa mudamu sebaik mungkin sehingga kamu tidak jadi seperti saya, menyesal dikala usia sudah tidak lagi muda, disaat mata sudah tidak lagi melihat dengan jelas, dan disaat kondisi badan tidak kuat lagi.
Kita kadang rela mengikutkan anak-anak les ini dan itu, padahal kita lupa bahwa anak-anak kita masih belum bisa membaca Al Qur'an dengan baik, bukan hanya sekedar bisa baca yang kita inginkan, akan tetapi betul-betul bisa membacanya sesuai dengan kaedah tajwid. Sehingga bacaan yang ada bukan hanya sekedar mengenal huruf Al Qur'an saja. Akan tetapi anak-anak bisa membacanya dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ada dalam Ilmu tajwid.
Mari renungkan.
Posting pertama di  Ngerumpi

3 comments:

  1. betul.. itu sy aja udh tua tpi mash tetep semngat untuk baca al-qur'an

    ReplyDelete
  2. betul itu,,, sy aja udh tua gini mash semnagat untuk selsaikan hapalan yg terbatas pula.. heheheh//.... smngat trus brow....

    ReplyDelete
  3. Semoga cepat selesai ujian tahfidz nya. saya juga masih melancarkan hapalan. Mohon Do'anya. :p

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan