May 12, 2012

Review " Air Mata Cinta Hanisah"


"Air Mata Cinta Hanisah" adalah sebuah buku berisi kumpulan cerpen. Ada 23 cerpen yang mewakili pesan-pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Dalam mempertegas pesan-pesannya tersebut, penulis kerap memasukkan ayat suci Al-Qur'an dalam cerpennya, dan tak jarang ayat itulah yang menjadi jawaban dan penutup yang manis di akhir cerita. Buku ini mampu mengalirkan cerita yang rumit dengan penyampaian yang sederhana, mengajak para pembaca untuk melihat hakikat dari sebuah kejadian, terutama tentang realita yang tidak selalu sesuai harapan.
Kelebihan dan nilai positif buku ini adalah;
1.    Penulis mampu menyampaikan nafas religius dalam tulisannya, rangkaian kata jadi terasa begitu santun dan menenangkan;
2.    Buku ini mampu mengajak pembaca untuk menghadapai kegalauan dengan cara yang lebih elegan, lembut, sarat akan ajaran pengendalian diri;
3.    Sederhana dan mudah dimengerti, lugas, sehingga tiap pesan bisa sampai dengan mudah.
Satu-satunya kekurangan buku ini, tanpa berarti keburukan, adalah masih minimnya kejutan dalam alur cerita. Bagi saya, kejutan adalah pemantik letupan-letupan emosi pada diri pembaca yang akhirnya membuat pesan-pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih berkesan mendalam, hingga akhirnya tertinggal lama di benak pembaca. Kekurangan pada aspek ini untungnya masih mampu dikurangi oleh kemampuan penulis dalam menguasai tema religiusitas dalam tiap tulisannya, sehingga tulisannya tidak mengambang.
Secara keseluruhan, buku ini bagus. Nilai 7 pantas diberikan. Bahkan, untuk segmentasi pembaca remaja yang masih senang bergumul dengan urusan percintaan, buku ini sangat penting untuk dibaca!
 Review ini Oleh : Reza Nufa

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Gan