December 18, 2015

16 Website Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini, rasanya mau belajar apapun terasa lebih mudah. Saya termasuk orang yang suka belajar otodidak. Saya belajar bahasa Inggris otodidak. Pernah ikut les beberapa kali dan masih merasa tidak begitu memberi dampak pada kemampuan saya dalam berbahasa Inggris, saya merasa lebih nyambung ketika belajar bahasa Inggris secara online, memanfaatkan beberapa situs yang cukup membantu saya dalam mempelajari bahasa Inggris.
Selain bahasa Inggris, saya juga belajar bahasa Rusia dan juga bahasa Arab. Semuanya otodidak. Nah, jika kita mau memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, belajar bahasa memang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sangat ingin saya kuasai, makanya saya berusaha belajar sebaik dan seefektif mungkin. Bahasa Arab menjadi penting bagi umat Islam karena bahasa Arab yang digunakan oleh dua sumber utama ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Ketika seorang muslim menguasai bahasa Arab, maka tentu saja akan menjadi lebih mudah baginya memahami ajaran agama yang selama ini dianutnya.
Pentingnya mempelajari bahasa Arab mungkin tidak semuanya dirasakan oleh tiap umat Islam, karena selama ini di sekolah-sekolah, bahasa Arab diajarkan dengan cara yang tidak menarik, kurang strategi, dan kompetensi guru bahasa Arab yang masih jauh dari kata “Profesional” dalam bidangnya. Banyak Guru bahasa Arab yang tidak bisa menulis dengan baik, tidak bisa berbicara dengan lancar alias terbata-bata ketika berbicara dengan bahasa Arab. Permasalahan-permasalahan ini tentu saja menjadikan bahasa Arab menjadi pelajaran yang tidak menarik.
Selain itu, lulusan-lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Arab pun tidak menjamin memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa Arab, tidak sedikit lulusan Pendidikan Bahasa Arab yang sangat pasif dalam berbicara. Memang tidak mudah untuk  menguasai kemampuan dalam berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Arab, akan tetapi setidaknya lulusan Pendidikan Bahasa Arab memiliki kemampuan yang mencukupi dalam bahasa Arab, tidak hanya sekadar bisa percakapan sehari-hari, karena kadang banyak yang menganggap bahwa jika bisa percakapan sehari-hari saja sudah dirasa cukup, padahal bahasa tidak hanya sekadar kemampuan berbahasa sehari-hari. Ketika seseorang memilih menjadi seorang akademisi, maka penguasaan kosa kata bahasa Arabnya tentu saja dituntut untuk lebih banyak dan lebih sulit.
Oleh karena itulah, belajar bahasa Arab tidak bisa sekadar mengandalkan apa yang dipelajari di kelas-kelas saja, namun harus lebih dari itu. Kita harus memanfaatkan teknologi untuk menguasai bahasa Arab dengan baik. Jika ingin berbicara layaknya orang Arab, maka sering-seringlah mendengar native speaker yang berasal dari Arab, sehingga kamu akan menguasai bahasa Arab dengan rasa Arab, bukan bahasa Arab dengan rasa Jawa, Madura, Bandung, dsb hehe, kan jadi lebih keren kalo bicara bahasa Arabnya seperti native speaker. Saya pribadi suka banget mendengar berita berbahasa Arab. Saya merasa keren aja, gitu, kalo seandainya nanti bisa berbicara bahasa Arab dengan rasa Arab hehe. Aminin, ya.
Baiklah, ini sudah kebanyakan pembukaannya. Sekarang saya akan share 16 website yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Arab secara online, jadi jangan cuma membuka social media doang, atau maen game terus. Hidup ini terlalu indah jika waktumu habis untuk hal-hal yang tidak berguna.
Berikut ini 4 channel di youtube yang paling sering saya buka. Saya suka mendengar berita-berita berbahasa arab melalui 4 channel berikut. Saya juga suka melihat video dokumentar al jazeera.


Selamat belajar.